Senin, 21 Desember 2009

Pengembangan Keanggotaan

Yth. Rekan Anggota Koperasi,

Salah satu visi Koperasi Karyawan PT. Kawasan Industri Jababeka, Tbk (Koperasi) adalah membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota. Visi tersebut di dukung dengan misi agar Koperasi dapat secara aktif berupaya mempertinggi kualitas kehidupan anggotanya. Visi dan misi tersebut tertulis dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi.

Pengurus Koperasi telah mengadakan beberapa pertemuan sejak Bulan September 2009 untuk dapat segera merealisasikan visi dan misi tersebut. Tujuan tersebut dapat dicapai hanya jika Koperasi dapat tumbuh dan berkembang secara sehat dan baik. Oleh karena itu disusun beberapa rencana termasuk rencana kegiatan jangka pendek.

Rencana kegiatan jangka pendek tersebut terdiri dari 3 inti kegiatan yaitu : Program Penguatan Permodalan, Program Pemupukan Laba serta Proses Pendukungnya. Seluruh rencana kegiatan tersebut terdiri dari 10 rencana kegiatan. Dari keseluruhan program kegiatan jangka pendek tersebut telah disetujui untuk dapat dilaksanakan 2 kegiatan yaitu Penyesuaian Iuran Wajib Bulanan serta Pengembangan Keanggotaan. Program penyesuaian iuran wajib bulanan telah dibahas pada pembahasan sebelumnya. Program pengembangan keanggotaan adalah upaya untuk dapat melibatkan secara optimum jumlah karyawan pada kelompok usaha PT. Kawasan Industri Jababeka, Tbk serta unit pendukungnya. Usulan program lainnya diluar kedua hal tersebut diputuskan untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut atau ditunda untuk dibicarakan dalam kepengurusan berikutnya.

Untuk itu Pengurus Koperasi membuka kesempatan bagi seluruh karyawan PT. Kawasan Industri Jababeka, Tbk dan unit usahanya yang berstatus Karyawan Tetap maupun Karyawan Kontrak untuk dapat bergabung menjadi anggota Koperasi.

Formulir permohonan menjadi anggota Koperasi dapat diperoleh pada Pengurus Koperasi, Bapak Arpin atau Bapak Rudi Ristiadi atau diunduh melalui web ini. Permohonan yang akan diproses hanya berupa dokumen asli dan dalam bentuk hard copy.

Selain itu juga telah disepakati untuk melakukan perubahan dan restrukturisasi organisasi Koperasi. Direncanakan pada awal bulan Januari 2010 akan dilakukan Rapat Anggota untuk membahas rencana Penyesuaian Iuran Wajib Bulanan, Pengembangan Keanggotaan serta Perubahan Struktur Organisasi Koperasi. Beberapa perubahan tersebut akan memerlukan perubahan dalam AD/ART.

Informasi mengenai agenda pertemuan pada awal Januari tersebut dapat ditanyakan langsung kepada pengurus Koperasi. Pengurus Koperasi juga akan meminta beberapa orang anggota Koperasi untuk menjadi koordinator yang akan mengkoordinir dan menerima masukan agenda tambahan pada Rapat Anggota tersebut. Informasi anggota yang diminta untuk menjadi koordinator dapat ditanyakan pada Bapak Rudy Subrata.

Pengurus menyampaikan terima kasih atas peran aktif anggota dalam mengembangkan Koperasi dan Selamat Bekerja.

4 komentar:

  1. Yth. Bpk. Luwardi,

    Program pengembangan Koperasi memang benar seperti yang Bapak sampaikan, yaitu terdiri dari Rencana Pengembangan Jangka Panjang, Menengah dan Jangka Pendek. Rencana Pengembangan Jangka Pendek terdiri dari 3 tahapan dan terinci menjadi 10 rencana kerja. Saat ini pengurus menyetujui untuk melaksanakan 2 rencana kerja. Selengkapnya terurai dalam tulisan diatas.


    Yth. Bpk. (Ibu) Windy,

    Kesempatan untuk menjadi anggota baru terbuka bagi karyawan yang berstatus sebagai Karyawan Tetap maupun Karyawan Kontrak.


    Yth. Bpk. M. Irwan,

    Terima kasih atas masukkannya. Hal itu juga menjadi bagian dari rencana synergy antara Koperasi Jababeka dengan Koperasi dalam Kawasan Industri Jababeka. Rencana training seperti yang Bapak usulkan telah Saya bicarakan dengan Bapak Suhartomo (PU), sebagai institusi pendidikan yang diharapkan dapat mendukung program tersebut. Diharapkan usulan Bapak dapat segera kami jalankan.


    Yth. Bpk. Umam,

    Program seperti yang Bapak sampaikan telah kami berikan gambarannya pada artikel sebelumnya, yaitu dengan membandingkan antara menabung di Bank dengan menyimpan di Koperasi. Program tersebut di akomodasikan oleh Koperasi dalam bentuk Simpanan Sukarela.

    Selain itu kami saat ini juga sedang membahas kemungkinan pemberian pinjaman yang salah satunya adalah berupa pinjaman beasiswa. Pinjaman ini diberikan untuk membantu biaya sekolah bagi anggota Koperasi maupun keluarga anggota Koperasi.Diharapkan dalam waktu dekat telah dapat diputuskan mengenai kelanjutan program tersebut.

    Terima kasih atas tanggapan dan masukkannya.

    BalasHapus
  2. Pak Sutisna,

    Terima kasih usulannya. Beberapa program pinjaman kepada anggota (misalnya untuk sekolah, persiapan pensiun dan sebagainya)saat ini masih dalam pembahasan. Diharapkan dalam waktu dekat telah dapat direalisasikan.

    BalasHapus
  3. Ayoooo datang dan makan di :
    WARUNG MAKAN BEBEK IBU IDA
    JL.kasuari IV, jababeka cikarang baru
    Di deket pasar kasuari
    Terima pesanan : 087886245127 (ibu ida)

    BalasHapus
  4. Saya Dafin, perwakilan dari PT.Pacific Area Jaya - Kalimalang, Dealer resmi motor Honda
    kemanakah saya dapat mengajukan surat penawaran motor honda untuk koperasi karyawan di wil cikarang
    terima kasih

    BalasHapus